Efektivitas Program Percepatan Penurunan Stunting Di Kepulauan Riau

  • Agusnuli Ayu Zizi Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Ayunatasya Ayunatasya Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Leonardo Samosir Universitas Maritim Raja Ali Haji

Abstract

Stunting merupakan suatu bentuk kegagalan tumbuh kembang yang menyebabkan gangguan pertumbuhan linear pada balita yang berakibat dari akumulasi adanya ketidakcukupan nutrisi yang berlangsung mulai dari kehamilan sampai pada usia 24 bulan. Adanya ketidakcukupan nutrisi pada masa tumbuh kembang anak di usia dini akan menghambat perkembangan fisik, menghambat perkembangan mental anak, dan bahkan kematian. Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau melalui Dinas Kesehatan melakukan tindak spesifik dalam menangani permasalahan dan pencegahan stunting. Metode yang dilakukan yakni melalui studi literatur yang berkaitan dengan masalah penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efektivitas program percepatan penurunan stunting sudah dilakukan dengan baik sesuai dengan ketentuan dan tujuan yang telah ditetapkan. Namun terdapat faktor penghambat pada kurangnya Pendidikan, ekonomi, dan kurangnya pengetahuan pola asuh anak.

References

BPS Provinsi Kepulauan Riau. (2021) Provinsi Kepulauan Riau Dalam Angka (kepulauan Riau Province in Figures) 2021. Tanjungpinang: BPS Provinsi Kepulauan Riau.

Cahyono, E. A., Sutomo, N., & Hartono, A. (2019). Literature review; panduan penulisan dan penyusunan. Jurnal Keperawatan, 12(2), 12-12.

Diah, K. E. (2019). PANDUAN PENYUSUNAN STUDI LITERATUR.”.

Faizah, A., Silalahi, R. D., Nasution, N., & Bakri, H. (2022). Upaya Pencegahan Stunting Dengan Optimalisasi Peran Posyandu. Jurnal Abdi Mecusuar, 2(1), 59-72.

Haqiqi, F., Novita, F., Sebayang, D. M., Yusmalina, Y., & Banowati, R. (2023). PENGARUH SOSIAL EKONOMI DENGAN KEJADIAN STUNTING PADA BALITA. JURNAL CAFETARIA, 4(1), 130-139.

Indrawijaya, A. I. (2014). Teori, Perilaku, dan Budaya Organisasi. Bandung: PT Refika Aditama.

Kartiningrum, E. D. (2015). Panduan penyusunan studi literatur. Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Politeknik Kesehatan Majapahit, Mojokerto, 1-9.

Munawaroh, Z., Nazaki, N., & Winarti, N. (2022). Dampak pelaksanaan program stunting di kota Tanjungpinang (Doctoral dissertation, Universitas Maritim Raja Ali Haji).

Mutiarin, D., & Arif, Z. (2014). Manajemen Birokrasi dan Kebijakan (Penelusuran Konsep dan Teori). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Norsanti, N. (2021). Efektivitas Program Percepatan Penurunan Stunting Di Kecamatan Batumandi Kabupaten Balangan (Studi Kasus Pada Desa Mampari dan Desa Banua Hanyar). Jurnal Administrasi Publik Dan Pembangunan, 3(1), 10-21.

Pratiwi, D. A. FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBIJAKAN PENANGGULANGAN STUNTING DI KOTA BATAM. Jurnal EL-RIYASAH, 14(1), 15-29.

Riyadh, N. A., Batara, A.s., & Nurlinda, A. (2023). Efektivitas Kebijakan dalam Pelaksanaan Program Penanggulangan Stunting di Kabupaten Enrekang. Journal of Muslim Community Health, 4(1), 1-17.

Rozi, M. F., Fadilah, A., Melfan, S. N., Akhyar, M., & Gurning, F.P. (2023). Analisis Program Percepatan Penurunan Stunting di Desa Bakaran Batu Kecamatan Lubuk Pakam. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 5(4), 2341-2347.

Trisnawati, Y., & Mulyandari, A. (2023). EDUKASI STUNTING PADA WANITA PRANIKAH DI KAMPUNG WONOSARI KELURAHAN BATU IX KOTA TANJUNGPINANG. Jurnal Pengabdian Masyarakat Anugrah Bintan (JPMAB), 4(1).

Databoks.katadata.co.id

Kesmas.kesmas.go.id

Ppid.kepriprov.go.id

Published
2023-08-12
How to Cite
Ayu Zizi, A., Ayunatasya, A., & Samosir, L. (2023). Efektivitas Program Percepatan Penurunan Stunting Di Kepulauan Riau. Jurnal Administrasi Politik Dan Sosial, 4(2), 50-59. https://doi.org/10.46730/japs.v4i2.105
View
Abstract viewed = 955
Download
downloaded = 0