Pengaduan Masyarakat di Kota Pekanbaru Dalam Perspektif Digital Governance
DOI:
https://doi.org/10.46730/japs.v5i1.127Kata Kunci:
Digital Governance, Pengaduan MasyarakatAbstrak
Semakin berkembangnya teknologi digital dikalangan Masyarakat saat ini membuat khususnya pemerintah Kota Pekanbaru memanfaatkan teknologi digital dalam proses pengaduan Masyarakat yang disebut dengan PEKA (Pekan Aduan). Penelitian ini berfokus pada perspektif Digital Governance dalam proses pengaduan Masyarakat di Kota pekanbaru dengan menggunakan metode Kualitatif dan Teknik pengumpulan data berupa wawancara. Aplikasi PEKA telah menjadi platform utama oleh pemerintah pekanbaru dalam menerima berbagai macam aduan yang adatang dari Masyarakat, namun dalam proses pelaksanaannya masih memiliki berbagai kendala mulai dari gangguan jaringan hingga fungsi yang belum maksimal dan jumlah pengguna yang pasif. Digital Governance yang menjadi tolak ukur pelaksanaan penerapan aplikasi PEKA telah mengedepankan konsep digital dalam pelaksanaannya namun masih memiliki beberapa kendala yang harus di tingkatkan.
Referensi
Auliyaa, P., Hidayat, R., Nababan, R., & Singaperbangsa, U. (2021). Implementasi pelayanan publik berbasis e-government melalui ogan lopian. Kinerja, 18(4), 502–512. http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/KINERJA
Bakrie, W., Rasuna, J. H., & Kav. B-, S. (2018). Pengembangan Digital Government. Kementerian PPN/Bappenas.
Erkut, B. (2020). From digital government to digital governance: Are we there yet? Sustainability (Switzerland), 12(3). https://doi.org/10.3390/su12030860
Gulo. (2002). Metode Penelitian. Gramedia Widiasarana Indonesia.
Hardani, H., Medica, P., Husada, F., Andriani, H., & Sukmana, D. J. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (Issue April). CV Pustaka Ilmu.
Labib, M. M. (2022). Inovasi Layanan Publik Melalui Program CETTAR Berbasis Digital Dalam Mewujudkan Tatanan Pemerintahan Jawa Timur Yang Baik. Public Inspiration: Jurnal Administrasi Publik, 7(2), 95–103. https://doi.org/10.22225/pi.7.2.2022.95-103
Manoharan, A. P., Melitski, J., & Holzer, M. (2023). Digital Governance: An Assessment of Performance and Best Practices. Public Organization Review, 23(1), 265–283. https://doi.org/10.1007/s11115-021-00584-8
Milakovich, M. E. (2022). Digital Governance Applying Advanced Technologies to Improve Public Service (2nd ed.). Routledge.
O’Hara Kieron, H. W. (2018). Four Internets The Geopolitics of Digital Governance (Vol. 206). Centre for International Governance Innovation.
Prakoso, C. T. (2020). Inovasi Layanan Publik Di Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Kutai Kartanegara Dalam Perspektif Digital Government. Jurnal Paradigma, 9(2). http://disdukcapil.kutaikartanegarakab.go.id/layanan_online/.
Raco, R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif, Jenis, Karakteristik, dan Keunggulannya. Gramedia Widiasarana Indonesia.
Setyawati, D. N. (2023). Digital Governance Dalam Keterbukaan Informasi. Jurnal Kebijakan Publik, 14(1), 48–55. https://jkp.ejournal.unri.ac.idhttps://jkp.ejournal.unri.ac.id
Wong, W., & Chu, M. (2020). Digital Governance as Institutional Adaptation and Development: Social Media Strategies between Hong Kong and Shenzhen. In The China Review (Vol. 20, Issue 3).