Komunikasi Program Imunisasi Vaksin Measles Rubella Puskesmas Haur Gading Kabupaten Hulu Sungai Utara

  • Reno Affrian Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Amuntai
  • Renjelina Walinda Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Amuntai

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan komunikasi kebijakan imunisasi Vaksin Measles Rubella dan  Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Selain itu juga melihat upaya-upaya komunikasi apa saja yang dilakukan untuk mengatasi masalah dalam program vaksin rubella di Puskesmas Haur Gading Kabupaten Hulu Sungai Utara.

            Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Jenis data yang digunakan adalah data primer diperoleh dari hasil wawancara dan data sekunder diperoleh dari buku, internet dan dokumentasi. Sumber data berjumlah 10 orang. Teknik analisis data dengan reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukkan Implementasi Program Vaksin Rubella di Puskesmas Haur Gading Kabupaten Hulu Sungai Utara belum terimplementasi dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari: Pertama, Komunikasi dengan organisasi lain masih kurang baik terlihat dari keterlambatan komunikasi dengan pihak pendukung program seperti MUI Kabupaten. Kedua, sumber daya masih kurang baik terlihat dari perbedaan penjelasan mengenai kandungan vaksin rubella. Ketiga, Disposisi dikatakan sudah baik terlihat dari birokrasi yang berjalan sesuai dengan pedoman petunjuk teknis yang ditetapkan. Keempat, struktur birokrasi sudah baik telihat dari adanya tata aturan sebelum dan sesudah kegiatan, namun dari segi fragmentasi mengalami kendala karena penolakan dari tokoh penting seperti tokoh ulama setempat. Faktor-faktor yang mempengaruhi diantaranya Komunikasi yang terlambat antar pihak birokrasi, kepercayaan masyarakat terhadap isu negatif, perbedaan pendapat tokoh ulama, dan masyarakat yang merasa tidak memerlukan vaksin rubella.

            Disarankan kepada seluruh staf puskesmas Haur Gading Kabupaten Hulu Sungai Utara untuk mengoptimalkan Implementasi Program Vaksin Rubella sesuai dengan tujuan, visi, misi dan sasarannya yang diinginkan dalam rangka terwujudnya masyarakat yang sehat dan terhindar dari penyakit menular yang disebabkan oleh virus. Kepada masyarkat dan tokoh ulama haur gading untuk ikut serta mendukung agar program vaksin rubella ini dapat berhasil.

References

Aberanie. 2017. Implementasi Program Jaminan Kesehatan Gratis Daerah (Kartu Sehat Amuntai). Amuntai.
Anonim.2014. Virus Rubella- Penyebab, Tanda dan Gejalanya. Tersedia:
https://edudetik.blogspot.com/2014/05/makalah-virus-rubella-penyebab-tanda.html (10 Oktober 2018).
............2018. Undang-Undang No. 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan.
............2018.Peraturan Meteri Kesehatan Republik Indonesia No.42 Tahun 2013.
Agustino, Leo. 2017. Dasar-Dasar Kebijakan Publik (Edisi Revisi). Bandung: CV. Alfabeta.
BPS Kabupaten Hulu Sungai Utara. 2018. Kecamatan Haur Gading Dalam Angka 2018.Amuntai: BPS Kabupaten Hulu Sungai Utara.
Cahyani,TE. 2016. Skripsi Implementasi Program Pelayanan Kesehatan HIV/AID di Surakarta. Surakarta.
Komisi Fatwa MUI. 2018. Fatwa MUI No. 33 Tahun 2018 tentang Penggunaan Vaksin MR (Measles Rubella) Produk dari SII (Serum Intitute India) untuk Imunisasi. Jakarta.
Makmur dan Rohani Thahier. 2016. Konseptual dan kontekstual Administrasi dan Organisasi Terhadap Kebijakan. Catakan ke-1. Makassar: PT Refika Aditama.
Mulyadi, Deddy. 2015. Studi Kebijakan Publik dan Pelayanan Publik. Cetakan ke-2. Yogyakarta: CV Alfabeta.
Ramli, Muhammad. Et al. 2018. Surat Edaran Nomor: 419/MUI-HSU/IX/2018.September. Amuntai.
Subuh, Muhammad. Et al. 2016. Petunjuk Teknis Kampanye ImunisasiMeasles Rubella. Jakarta.
Tim Penyusun Pedoman Skripsi. 2016.Pedoman Penyusunan dan Penlisan Skripsi Sarjana Strata (S1). Amuntai:STIA Amuntai.
Winaryo Budi. 2014. Kebijakan Publik (Teori, Proses, Dan Studi Kasus). Jakarta: PT. BUKU SERU
Published
2020-04-21
How to Cite
Affrian, R., & Walinda, R. (2020). Komunikasi Program Imunisasi Vaksin Measles Rubella Puskesmas Haur Gading Kabupaten Hulu Sungai Utara. Jurnal Administrasi Politik Dan Sosial, 1(1), 42-50. https://doi.org/10.46730/japs.v1i1.13
View
Abstract viewed = 500
Download
downloaded = 0