Inovasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Melalui Websit SiLAWO Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Dumai

Inovasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Melalui Websit SiLAWO Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Dumai

Penulis

  • Divani Sindi Marlina Universitas Islam Riau
  • Khotami Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.46730/japs.v6i2.271

Kata Kunci:

inovasi pelayanan, administrasi kependudukan, SiLAWO, E-government

Abstrak

Penelitian ini menganalisis inovasi pelayanan administrasi kependudukan melalui website SiLAWO oleh Disdukcapil Kota Dumai, serta mengidentifikasi hambatan implementasinya. Latar belakangnya adalah kebutuhan pelayanan publik yang cepat, efisien, dan berbasis teknologi sejalan dengan reformasi birokrasi dan pengembangan e-government. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi, melibatkan aparatur Disdukcapil, pengelola SiLAWO, dan masyarakat.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa SiLAWO mempermudah akses layanan, mempercepat proses administrasi, dan mengurangi antrean. Namun, kendala seperti rendahnya literasi digital, kurangnya sosialisasi, keterbatasan jaringan internet, dan gangguan teknis masih menjadi hambatan. Inovasi ini telah memenuhi sebagian besar atribut inovasi menurut teori Rogers, seperti keunggulan relatif, kesesuaian, dan keterlihatan. Kesimpulannya, SiLAWO merupakan terobosan positif dalam digitalisasi layanan publik, namun masih memerlukan perbaikan sistem, peningkatan edukasi digital, dan penguatan infrastruktur agar dapat diimplementasikan secara optimal.

Referensi

Aisyah Febriyanti, Y. S. (2025). novasi Pelayanan Publik Terintegritasi dalam satu lokasi: studi kasus mal pelayanan publik (MPP) surabaya. Jurnal administrasi politik dan sosial, 168-180.

Al-Muttaqin, F. A. (2025). Effectiveness of Digital-Based Public Service Innovation: Case Study of Population Services in Indonesia's Local Government. JAKPP (Jurnal Analisis Kebijakan & Pelayanan Publik), 1-16.

Creswell, j. w. (2016). esearch design pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed. pustaka pelajar.

Hadiana, I. (2023). Pelayanan Publik Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Dumai ( Studi Kasus Penggunaan Aplikasi Sistem Layanan Administrasi Kependudukan Warga Secara Online ( SILAWO). INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 7680-7690.

Herlina, A., Hamka, H., & Katuuk, H. (2023). Pentingnya Inovasi Dalam Pelayanan Administrasi Publik Di Tengah Era Disrupsi. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(6), 4791-4800.

Kurniawan, A. (2015). Inovasi Pelayanan Publik (Studi Deskriptif tentang Inovasi Pelayanan Surat Izin Usaha dan Perdagangan (SIUP) di Badan Penanaman Modal dan Perizinan Kabupaten Lamongan). Kebijakan dan Manajemen Publik, 167-176.

Moenir. (2002). Manajemen pelayanan umum di indonesia. PT.Bumi Aksara.

Pariyatin, Y. S. (2024). Effectiveness of the Integrated Administrative Information System (PATEN) in Public Service. JAKPP (Jurnal Analisis Kebijakan & Pelayanan Publik), 114-131.

Prakoso, C. (2020). Inovasi Layanan Publik di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Kutai Kartanegara Dalam Perspektif Digital Government. jurnal paradigma, 131-146.

Salwa Kamelia, K. R. (2025). Kualitas Pelayanan Publik Pada Pelayanan Surat Keterangan Usaha Di Kantor Kelurahan Perawang. jurnal administrasi politik dan sosial, 56-65.

Suwarno. (2008). Inovasi di Sektor Publik. STIA-LAN Pres.

Yulia, Y., Ismail, F., & Astuti, M. (2025). Analisis Inovasi dan Perubahan dalam Organisasi Pendidikan. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 4(1), 171-181.

File Tambahan

Diterbitkan

2025-08-20

Cara Mengutip

Marlina, D. S., & Khotami. (2025). Inovasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Melalui Websit SiLAWO Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Dumai. Jurnal Administrasi Politik Dan Sosial, 6(2), 342–354. https://doi.org/10.46730/japs.v6i2.271
Loading...