Analisis Good Governance Dalam Pelayanan Informasi Dan Pengaduan Masyarakat (PINDU) Di Kabupaten Pinrang
DOI:
https://doi.org/10.46730/japs.v6i3.292Kata Kunci:
Good Governance, Pelayanan Pengaduan MasyarakatAbstrak
Penelitian ini Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan Good Governance dalam pelayanan informasi dan pengaduan masyarakat (PINDU) di Kabupaten Pinrang, pelayanan pengaduan di Kabupaten Pinrang menjadi tempat membantu penyelenggara dalam memperbaiki kekurangan yang diberikan dalam pelaksanaan pelayanan sehingga mampu mengurangi masalah yang ditemui dalam pelayanan agar mampu menjadikan pelayanan yang lebih baik lagi. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif yang bertujuan untuk memahami kondisi kontekstual dengan mengarah pada gambaran potret kondisi lingkungan alam secara detail dan mendalam, kaitannya dengan apa yang sebenarnya terjadi di luar berdasarkan apa yang terjadi di wilayah penelitian. Sumber data pada penelitian ini diperoleh dari wawancara dan kajian literatur. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah analisis kualitatif yang di ambil dari model Miles and Huberman yaitu, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian diharapkan memberikan wawasan terhadap pemerintah mengenai pengelolaan pelayanan informasi dan pengaduan Masyarakat terkhusunya di Kabupaten Pinrang yang baik melalui penerapan Good Governance
Referensi
Asiva Noor Rachmayani. (2019). Analisis Kualitas Pelayanan Untuk Meningkatkan Kepuasan Konsumen: Studi Kasus Gold’s Gym Bandung Merita. Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan, 6.
Fatimah, C. (2016). Fatimah & Cangara, 2016. Pemanfaatan Saluran Komunikasi Dalam Penyerapan Aspirasi Masyarakat Oleh Pindu.
Hasibuan. (2022). Pelaksanaan Good Governance Dalam Pengembangan Aparatur Sipil Negara Di Kecamatan Talegong Kabupaten Garut.
Hidayatullah, A. Dan S. (2021). Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Masyarakat Pada Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu.
Jariah, A., Nilawati Astini, B., & Rachmayani, I. (2023). Efektivitas Penerapan Teknik Ecoprint Untuk Mengembangkan Motorik Halus Anak. Journal Of Classroom Action Research, 5(1). Https://Doi.Org/10.29303/Jcar.V5i1.2646
Khatimah, H., & Syahrani; (N.D.). Kualitas Pelayanan Pengaduan Masyarakat Di Polsek Murung Pudak Kabupaten Tabalong.
Makbul. (2021). Metode Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian.
Oktavia, A. (N.D.). Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan Analisis Penerapan Good Governance Terhadap Pelayanan Publik Di Kantor Kecamatan Baturaja Barat. 5(4), 2022. Https://Journal.Ikopin.Ac.Id/Index.Php/Fairvalue
Penulis, T., Tampubolon, M., Simanjuntak, N., Si, M., & Silalahi, F. (N.D.). Birokrasi & Good Governance Pt Global Eksekutif Teknologi. Www.Globaleksekutifteknologi.Co.Id
Putu, N., & Widanti, T. (2022). Konsep Good Governance Dalam Perspektif Pelayanan Publik: Sebuah Tinjauan Literatur. In Jurnal Pengabdian Masyarakat (Vol. 3, Issue 1).
Rr Aisy. (2022). Penerapan Prinsip-Prinsip Good Governance Dalam Pelayanan Publik (Studi Pada Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Lampung Tengah).
Sari, M. (N.D.). Penelitian Kepustakaan (Library Research) Dalam Penelitian Pendidikan Ipa.
Sellang, K., Tuwu, L., & Basri, M. (N.D.). Penerapan Prinsip-Prinsip Pelayanan Publik Dalam Pelayanan Kartu Tanda Penduduk Elektronik Pada Kabupaten Sidenreng Rappang.
Setianingrum, T., Yam, Dan, Tsalatsa, Ah, Studi Kependudukan Dan Kebijakan, P., Gadjah Mada, U., & Korespondensi, Y. (2016). Mempertanyakan Responsivitas Pelayanan Publik Pada Pengelolaan Pengaduan Kasus Upik Di Kota Yogyakarta. In Populasi (Vol. 24). Www.Menpan.Go.Id
Setyarini, W. A., Riptek, J., Kunci, K., Survei: Masyarakat, K., Masyarakat, P., & Korespondensi, H. (N.D.). Open Access Jurnal Riptek Survei Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Pengaduan Masyarakat Lapor Hendi Tahun 2021 (Vol. 16, Issue 2). Http://Riptek.Semarangkota.Go.Id
Supawanhar, M. K. (2023). Penerapan Prinsip Good Governance Terhadap Kualitas. Journal Of Governance And Public Administration (Jogapa), 1(1).
Suryani, N., Jailani, Ms., Suriani, N., Raden Mattaher Jambi, R., & Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, U. (N.D.). Konsep Populasi Dan Sampling Serta Pemilihan Partisipan Ditinjau Dari Penelitian Ilmiah Pendidikan. Http://Ejournal.Yayasanpendidikandzurriyatulquran.Id/Index.Php/Ihsan
Tambun, S., Sitorus, R. R., Putra, R. R., & Julito, K. A. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Nvivo 12 Plus Untuk Riset Kualitatif Di Bidang Akuntansi. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (Jipemas), 6(2), 359–372. Https://Doi.Org/10.33474/Jipemas.V6i2.19401
Thalha, O., Dan, A., Anufia, B., & Islam, E. (N.D.). Resume: Instrumen Pengumpulan Data.
Wekke,I.S. (2019). Metode Penelitian Sosial. Https://Www.Researchgate.Net/Publication/344211045