Pengaruh Integritas dan Disiplin Kerja Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Publik di Dinas Dukcapil Kabupaten Lima Puluh Kota

  • Lathifah Nurjannah Universitas Negeri Padang
  • Syamsir Universitas Negeri Padang
Keywords: Integrity, Employee of discipline, Quality of Public Service

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh integritas dan disiplin kerja pegawai terhadap kualitas pelayanan publik di Dinas Dukcapil Kabupaten Lima Puluh Kota. Penelitian ini didorong oleh rendahnya kualitas pelayanan karena perubahan sistem pelayanan dari sistem manual menjadi sistem online membuat terganggunya para pegawai dalam bersikap dan perilaku serta rendahnya disiplin pegawai pada saat memberikan pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar integritas berpengaruh terhadap kualitas pelayanan publik, seberapa besar disiplin kerja pegawai berpengaruh terhadap kualitas pelayanan publik, dan seberapa besar integritas dan disiplin kerja pegawai berpengaruh terhadap kaulitas pelayanan publik. Untuk mencapai tujuan tersebut peneliti menggunakan teknik pengumpulan data melalui penyebaran angket dengan jumlah sampel 63 orang responden. Data diolah dengan menggunakan analisis kuantitatif untuk mengetahui pengaruh integritas dan disiplin kerja pegawai terhadap kualitas pelayanan publik. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan integritas dan disiplin kerja pegawai terhadap kualitas pelayanan publik di Dinas Dukcapil Kabupaten Lima Puluh Kota dengan tingkat pengaruh rendah.

Kata Kunci : Integritas, Disiplin Kerja Pegawai, Kualitas Pelayanan Publik

References

Astutik, M. (2016). “Pengaruh Disiplin Kerja Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Jombang”. Jurnal Bisnis, Manajemen & Perbankan, Vol. 2 No. 2.
Barata, A. A. (2003). “Elex Media Kompetindo dan Kepercayaan Terhadap Pimpinan Dalam Peningkatan Kualitas SDM”. Dasar- Dasar Pelayanan Prima. Jakarta: ISSN 2302-9791 Vol. 2 No 1, 286.
Dariansyah, D. (2018). “Pengaruh Displin Kerja, Motivasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kinerja Pegawai Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kharamt Jati”. Jurnal SOSIO E-kons, vol 10 No.2.
Edy, S. (2016). Manajemn Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana Prenada. Media. Group.
Eka. Putra, AntonHSarniHand Syamsir. (2021). The Effect of Competence, Integrity, and EmotionalHIntelligence on Work Performance. Asian Journal of Law and Governance, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 76-84, apr. 2021. ISSN 2710-5849. http://myjms.mohe.gov.my/ index.php/ajlg/article/view/12915
Febrina, Dita andHSyamsir, S. (2020). The Influence of Integrity and Commitment. Organizational on Employee Performance. International Journal of Research and Analytical Reviews (IJRAR). March 2020, Volume 7, Issue 1. pp. 799-805. Retrived from http://www.ijrar.org/viewfull.php?p_id=IJRAR2001822; and http://repository. unp.ac.id/id/eprint/26941.
Ferial, RatuHMira and Syamsir. (2021). The Influence of Integrity. on Employee Performance. Asian Journal. of Behavioural Sciences, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 97-104, apr. 2021. ISSN 2710-5865. http://myjms.mohe.gov.my/index.php/ajbs/article/view/12911.
Ghozali, I. (2016). AplikasiHAnalisis Multivariete Dengan Program (IBM SPSS) Edisi 8. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gusmadini. (2020). “Pengaruh Integritas Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Pegawai Negeri Sipil Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Padang”. jurnal kajian sosiologi dan pendidikanVol.3 No.1, 95-101.
Hardiyansyah. (2011). Kualitas PelayananHPublik. Yogyakarta: Gava Media.
Harmaily, B. (2019). “Analysis of the influence of Competence, Integrity and Organizational Culture on Employee Performance with Job Satisfaction as an Intermediary Variable”. Journal of Chemical Information and Modeling , 53 (9) 1689-1699.
Haryatmoko.H(2011). Etika Politik: untuk Integritas. Pejabat Publik dan Politisi. Yogyakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Hasibuan, M. (2010).MManajemen Sumber. Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Jamess E.Bartlett, I. J. (2001). "Organizational Research: Determining Appropriate Sample Size in Survey Research". Information Technology, Learning, and Performance Journal, Vol. 19, No. 1, 43-47.
Johan, b. (2017). “Pengaruh Disiplin
Kerja Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Di Desa Lung Melah Kecamatan Telen Kabupaten Kutai Timur”. pemerintahan integratif vol.5 no.2, 258-264.
Karumaruddin Sellang, J. A. (2019). Strategi dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan publik: Dimensi, Konsep, Indikator dan Implementasinya. Bandung: Penerbit Qiara Media.
Lukman, S. (2000). Manajemen. Kualitas Pelayanan. Jakarta : STIAHLANHPress.
Mahmudi. (2015). Manjemen Kinerja SektorHPublik Edisi Ketiga . Yogyakarta:. UPP STIM YKPN.
Mangkunegara. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan . Bandung: Rodadakarya Remaja .
Masitah. (2012). “Uji Validitas Konstruk Pada Alat Ukur Integritas Dengan Metode Confirmatory Factor Analysis”. Jurnal Pengukuran Psikologi dan Pendidikan Indonesia, 1(3).
Moenir. (2015). Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Moenir. (2016). manajemen pelayanan umum di indonesia. jakarta: Bumi aksara.
Mohamad Hafiz Roslia, M. A. (2015).
Integrity Systems in Malaysian Public Sector: An Empirical Finding.28 (1) 260–265, https://doi.org/10.1016/s2212-5671(15)01109-0. Diakses pada tanggal 5 Maret 2021.
Rambat, L. d. (2006). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Selemba Empat.
Rosmi and Syamsir. (2020). The Influence of Integrity and Work Experience on Employee Performance. International Journal of Research and Analytical Reviews (IJRAR), 7 (1). pp. 789-794. ISSN Online: 2348-1269, Print: 2349-5138
Syamsir. S. And Muhamad Ali Embi. (2020). Integrity Development Through PSM For Corruption Prevention Among Public Servant. International Journal of Psychosocial Rehabilitation, Vol. 24, Issue 08, 2020. Pp. 1437-1448. Retrived From: https://www.psychosocial.com/article/PR280157/16410/; and http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26927.
Tasi, Riri and Syamsir, S. (2020). The Influence of Integrity and Loyalty on Employee Performance. International Journal of Research and Analytical Reviews (IJRAR). March 2020, Volume 7, Issue 1. pp. 774-779. Retrived from http://www.ijrar.org/viewfull.php?p_id=IJRAR2001817;and http://repository.unp.ac.id/eprint/27258
Wahyuni, Rahma Sri and Syamsir, S. (2020). The Influence of Integrity and Human Resource Management towards Employee Performance. International Journal of Research and Analytical Reviews (IJRAR). March 2020, Volume 7, Issue 1. pp. 780-785. Retrived from http://www.ijrar.org/viewfull.php?p_id=IJRAR2001818; and http://repository. unp.ac.id/id/eprint/26939
Yolanda, Nadya Meidisyah and Syamsir. (2020). The Effect of Integrity on the Performance of Civil Servants in the Regional Apparatus Organization (OPD) of the Padang City Service. Perspective Journal: Journal of Sociology and Education Studies Vol.3No.1.
Published
2022-04-30
How to Cite
Nurjannah, L., & Syamsir. (2022). Pengaruh Integritas dan Disiplin Kerja Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Publik di Dinas Dukcapil Kabupaten Lima Puluh Kota. Jurnal Administrasi Politik Dan Sosial, 3(1), 63-73. https://doi.org/10.46730/japs.v3i1.49
View
Abstract viewed = 673
Download
downloaded = 0