Implementasi Public Relations dalam Meningkatkan Pelayanan Informasi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tengku Sulung Kabupaten Indragiri Hilir
DOI:
https://doi.org/10.46730/japs.v3i1.70Kata Kunci:
Pelayanan Informasi, Rumah Sakit, Public RelationsAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk implementasi aktivitas public relations dalam meningkatkan pelayanan informasi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tengku Sulung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tengku Sulung melaksanakan bentuk kepercayaan melalui sosialisasi kepada masyarakat. Penyampaian informasi kepada masyarakat dengan interaksi dan komunikasi yang baik dan jelas. Pelayanan informasi yang diberikan pihak Rumah Sakit tepat sasaran. Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tengku Sulung memberikan dan melaksanakan sosialisasi khususnya tentang pengobatan gratis. sebagai Komunikator, PR RSUD Tengku Sulung dalam memberikan pelayanan informasi juga jelas dan mudah dipahami oleh pasien dan masyarakat serta menggunakan media sosial sebagai media alternatif dalam menyampaikan informasi.
Referensi
Arikunto, Suharsimi. (1997). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Astuti, E.S dkk. (2018). “Efektivitas Sistem Informasi Pelayanan Pada Rumah Sakit” Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 63 No. 1 Oktober 2018.
BPS. (2018). Badan Pusat Statistik Kabupaten Indragiri Hilir. https://inhilkab.bps.go.id/publication/2018/08/16/9b08335d1dbdda2574be2b61/kabupaten-indragiri-hilir-dalam-angka-2018.html
Harahap, Torus P. (2010). “Peningkatan Pelayanan Publik Melalui Penggunaan Teknologi Informasi Sebagai Perwujudan Pelaksanaan UU. No.14/2008” Vol. 3 Th. 2010.
Hubies et. al, M. (2012). Komunikasi Profesional (Seperangkat Pengembangan Diri). IPB Press.
Imam Gunawan, (2014). Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik, (Jakarta: Bumi Aksara).
Moleong, J. Lexy. (2004). Metodologi Penelitian Kualitatif. (Bandung: PT. Remaja Rosda Karya)
Moleong, J. Lexy. (2005). Metodologi Kualitatif. Edisi Revisi. (Bandung: PT. Remaja Rosda Karya)
Nurnisya, F., & Nurjanah, A. (2016). “Pemanfaatan Digital Public Relations dalam sosialisasi tagline “Jogja Istimewa”Humas Pemerintah Kota Jogja. Jurnal AristoVol.4 No.1
Nasution. (2003). Metode Reseacrh. (Jakarta: PT. Bumi Aksara)
Pdgs. (2019). Pendayagunaan Dokter Spesialis. http://pgds.kemkes.go.id/profil_rs?id=26860
Ruslan, Rosady. (2002). Kampanye Public Relations. (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada,
Ruslan, Rosady. (2006). Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Ruslan, Rosady. (2012). Manajemen Publik Relations dan Media Komunikasi. Jakarta: PT. Rajawali Pers.
Susanto, T., Utamidewi, W., Muhamad, R. P. N., & Syamsuri, S. A. (2019). IMPLEMENTASI CYBER PUBLIC RELATIONS UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG PADA PERSAINGAN ERA DIGITAL. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 3(1), 200–210. https://doi.org/10.24912/JMISHUMSEN.V3I1.3454
Subagyo, Joko. (1999). Metode Penelitian dalam Teori dan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Suciati. (2017). Teori Komunikasi Dalam Multi Perspektif. Yogyakarta: Mata Padi Presindo.
Oxford. (1995). Advanced Learner’s Dictionary, Oxford: Oxford University Press.
Winarno, Budi. (2002). Teori dan Proses Kebijakan Publik. (Yogyakarta: PT.Media Pressindo.
Yantos (2016). Dasar-Dasar Government Relations Dalam Public Relations, Jakarta: PT. Rajawali Pers.
Windarti, E. (2013). Peranan Humas Dalam Meningkatkan Pelayanan Informasi Kepada Para Pegawai di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pasir Pangaraian Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu. (Skripisi Program Sarana Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Khasim Riau).