Penyediaan Sistem Informasi Menejemen Pegawai Pada Badan Kepegawaian Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kota Pekanbaru Dalam Mendukung Kebijakan E-Government Pada Tahun 2019

  • Ramlan Darmansyah Universitas Riau
  • Tito Handoko Universitas Riau
  • Mohammad Yohamzy Tiyas Tinov Universitas Riau

Abstract

E-Government policy is to reduce the use of manual systems or the use of paper in any service. The existence of information technology policy in the government environment is expected to realize the e-government is transparent and efficient . The purpose of this research is 1). To know the provision of Officer management information system on personnel Agency and Human resources development Pekanbaru in support of e-government policy in years 2019 and 2.) To know the supporting factors providing information Systems Management officer on personnel agency and Human resource development Pekanbaru City in support of e-government policy in year 2019. The method used in this study uses a qualitative approach, this type of research is the study of literature where data sources are obtained from legal products, journal articles, related documents and mass media sources. Research is conducted on personnel agency and Human resources development. The result of this research is the application of Program management Information system officers implemented by the Agency of personnel and human resources development is in addition to realizing the government-based e-Government also supports the policy of Pekanbaru mayor. The existence of e-government support in providing application of staff management information system at personnel agency and Human resources Development Pekanbaru City.

References

Agustino, L. (2016). Dasar-Dasar Kebijakan Publik. Bandung: ALFABET.

Arrofik Zulkarnaen, & Anggraini. (2016). Evaluasi Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG) Menggunakan Framework Cobit 4.1 (Studi Kasus: Kementerian Agama Kantor Kota Pekanbaru). Jurnal Rekayasa Dan Menejemen Sistem Informasi, II(2).

Haryono. (2017). Kebijakan Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian On-Line Untuk Mewujudkan E-Government Di Pemerintah Kabupaten Karangan (Studi Kasus Di Pemerintah Kabupaten Karanganyar). Pasca Sarjana Hukum, V(1).

Maria Ketty Djawa, & Durinta Puspasari. (2015). Implementasi Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG) Untuk Mendukung E-Government Pada Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jawa Timur. Pendidikan Ekonomi.

Natasurya, R. (2014). Penerapan Kebijakan E-Government Melalui Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG) Di Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Kalimantan Timur. Ilmu Pemerintahan, II(1).

Nia Karniawati, & Romi Rahmadani. (n.d.). Analisis Kebijakan Penerapan E-Government Melalui Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG) (Suatu Studi Pada Biro Kepegawaian Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat). Majalah Ilmiah UNIKOM, VII(2).

Novi Prisma Yunita, & Rudi Dwi Aprianto. (2018). Kondisi Terkini Perkembangan Pelaksanaan E-Government Di Indonesia : Analisis Website. Seminar Nasional Tekhnologi Informasi dan Komunikasi.

Richardus Eko Indrajit, Dudy Rudianto, & Akbar Zainuddin. (2005). e-Government In Action Ragam Kasus Implementasi Sukses Di Berbagai Belahan Dunia. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

Simpeg.Pekanbaru.go.id. (n.d.). SIMPEG Kota Pekanbaru. Retrieved Desember 13, 2019, from (https://simpeg.pekanbaru.go.id)

Sore. B, Unddin, & Sobirin. (2017). Kebijakan Publik. Makassar: CV SAH MEDIA.

Sri Mulyani, & dkk. (2018). Sistem Informasi Akuntasi Aplikasi Di Sektor Publik. Bandung: UNPAD PRESS.

Vita Elysa, & dkk. (2017). Implementasi E-Government Untuk Mendorong Pelayanan Publik Yang Terintegrasi Di Indonesia. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka (repository.ut.ac.id).

Wahyu, K. d. (2012). Implememtasi E-Government System Dalam Upaya Peningkatan Clean And Good Governance Di Indonesia. Xi(1).

Wasiah Sufi, & Dwi Herlinda. (2017). Penerapan Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian (SAPK) Berbasis Online Pada Badan Kepegawaian Daerah Kota Pekanbaru. Niara, IX(2).

Yudho Giri Suhcayo, & dkk. (2013). Kerangka Kerja Interoperabilitas E-Government Indonesia. Jakarta: Kementerian Komunikasi Dan Informatika (http://www.aptika.kominfo.go.id).

Yulia Djahir, & Dewi Pratita. (2014). Bahan Ajar Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta: deepublish.

Dokumen:

Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Peraturan Walikota Pekanbaru Nomor 158 Tahun 2019 Tentang Tentang Pengelolaan Teknologi Informasi Kepegawaian Daerah.

Rencana Strategis Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kota Pekanbaru Tahun 2017-2022.

Laporan Kinerja Instansi Pemerintahan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kota Pekanbaru Tahun 2018.

Published
2020-04-21
How to Cite
Darmansyah, R., Handoko, T., & Tiyas Tinov, M. Y. (2020). Penyediaan Sistem Informasi Menejemen Pegawai Pada Badan Kepegawaian Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kota Pekanbaru Dalam Mendukung Kebijakan E-Government Pada Tahun 2019. Jurnal Administrasi Politik Dan Sosial, 1(1), 19-33. https://doi.org/10.46730/japs.v1i1.8
View
Abstract viewed = 1006
Download
downloaded = 0