Implementasi Sistem Informasi Kesehatan Daerah Generik di Puskesmas Rawat Inap Langgam

  • Ruslihardy Universitas Lancang Kuning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi sistim informasi kesehtan daerah pada bagian rawat jalan di BLUD Puskesmas rawat inap langgam. Metode penelitian menggunakan diskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dengan model interaktif dengan proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implemntasi kebijakan sistim informasi kesehatan daerah generik sudah berjalan dengan baik di BLUD puskesmas rawat inap langgam. Meski begitu masih terdapat kekurangan dalam implemntasinya seperti sarana prasarana pendukung seperti jaringan dan operator yang menjalankan masih perlu dilakukan peningkatan dan pelatihan

References

Fs, H. T. (2018). Pelaksanaan Asas Pelayanan Publik Pada Puskesmas Simpang Baru Kota Pekanbaru. Jurnal Niara, 10(2).

Isnawati, K. (2016). Implementasi Aplikasi Sistem Informasi Kesehatan Daerah (Sikda) Generik Di Upt. Puskesmas Gambut Kabupaten Banjar. Journal Of Information Systems For Public Health, 1(1), 64-71.

Miles, M. B. Huberman (1995): Qualitative Data Analysis. A Source Book For New Methods

Rian, N. (2009). Public Policy, Formulasi, Implementasi, Dan Evaluasi Pt. Elex Media K Omputindo, Jakarta.

Saputra, T., Marlinda, P., & Sufi, W. Implementasi Kebijakan Inovasi Pelayanan Publik Di Puskesmas Jaya Mukti Dalam Meningkatkan Kepuasan Masyarakat. Jurnal Niara, 11(2.2019), 177-188.

Saputra, T., & Marlinda, P. (2018). Services Innovation Of Sikda Optima Program At Puskesmas Jaya Mukti Dumai City (No. 5wcgv). Center For Open Science.

Sahit, R. Teknik Analisis Data Penelitian Kualitatif Model Mile Dan Huberman.

Suwitri, S. (2008). Konsep Dasar Kebijakan Publik. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Tahir, A. (2014). Kebijakan Publik Dan Transparansi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah. Penerbit Alfabeta.

Utami, B. C. (2020). Inovasi Pelayanan Publik Di Desa Seberang Taluk Kabupaten Kuantan Singingi. Jurnal Niara, 13(1), 237-244.

Wibawa, S. (1994). Kebijakan publik. Proses dan Analisis, Intermedia, Jakarta..

Published
2020-08-18
How to Cite
Ruslihardy. (2020). Implementasi Sistem Informasi Kesehatan Daerah Generik di Puskesmas Rawat Inap Langgam. Jurnal Administrasi Politik Dan Sosial, 1(2), 99-109. https://doi.org/10.46730/japs.v1i2.9
View
Abstract viewed = 486
Download
downloaded = 0