Pelaksanaan Digital Governance Pada Pelayanan Administrasi Kependudukan Di Kota Pekanbaru

  • Mutiara Nastasya Universitas Riau
  • Febri Yuliani Universitas Riau
  • Hasim As’ari Universitas Riau

Abstract

Penerapan Digital Governance melalui aplikasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) di Kota Pekanbaru bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan transparansi dalam pelayanan administrasi kependudukan. Penelitian ini mengidentifikasi pelaksanaan IKD dan kendala yang dihadapi. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil menunjukkan bahwa meskipun ada kemajuan, sebagian masyarakat masih kurang memahami urgensi penggunaan IKD karena ketergantungan pada KTP fisik. Diperlukan sosialisasi yang lebih baik dan pengembangan regulasi untuk mendukung penerapan IKD.

References

Almeida, V., Filgueiras, F., & Gaetani, F. (2020). Digital Governance and the Tragedy of the Commons. IEEE Internet Computing. IEEE Internet Computing, 24(4), 41–46.
Amalia, Herfina. Difusi Inovasi Penggunaan Aplikasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pekanbaru. 2024. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Bakrie, W., Rasuna, J. H., & Kav. B-, S. (2018). Pengembangan Digital Government. Kementerian PPN/Bappenas.
Buyannemekh, B., & Chen, T. (2021). Digital governance in Mongolia and Taiwan: A gender perspective. Information Polity, 26(2), 193–210. https://doi.org/10.3233/IP-219005
Labib, M. M. (2022). Inovasi Layanan Publik Melalui Program CETTAR Berbasis Digital Dalam Mewujudkan Tatanan Pemerintahan Jawa Timur Yang Baik. Public Inspiration: Jurnal Administrasi Publik, 7(2), 95–103. https://doi.org/10.22225/pi.7.2.2022.95-103
Moleong, L.J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Penerbit PT Remaja Rosdakarya. Offset, Bandung.
Miles, M.B, Huberman, A.M, & Saldana, J. (2014). Qualitive Data Analysis. A Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press.
Prakoso, C. T. (2020). Inovasi Layanan Publik Di Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Kutai Kartanegara Dalam Perspektif Digital Government. Jurnal Paradigma, 9(2).
Riska Firdaus. (2021). STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PASPOR DI KANTOR IMIGRASI KELAS III KOTA PALOPO. Jurnal I La Galigo | Public Administration Journal, 4(1).
Setyawati, D. N., & Fitriati, R. (2023). Digital Governance Dalam Keterbukaan Informasi. Jurnal Kebijakan Publik. https://kp.ejournal.unr.ac.id/
Siyoto, S., & Sodik, A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian (Ayup (ed.)). Literasi Media Publishing
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Twizeyimana, J. D., & Andersson, A. (2019). The public value of E Government– A literature review. Government Information Quarterly, 36(2), 167–178. https://doi.org/10.1016/j.giq.2019.01.001
Wahyuni, F., & Fitriati, R. (2021). Why is the Application Programming Interface the backbone of a Smart City? Journal of Physics: Conference Series, 1783(1), 012029. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1783/1/012029
Zamora, D., Barahona, J. C., & Palaco, I. (2016). Case: Digital Governance Office. Journal of Business Research, https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2016.03.013
Published
2025-04-15
How to Cite
Nastasya, M., Yuliani, F., & As’ari, H. (2025). Pelaksanaan Digital Governance Pada Pelayanan Administrasi Kependudukan Di Kota Pekanbaru. Jurnal Administrasi Politik Dan Sosial, 6(1), 16-28. https://doi.org/10.46730/japs.v6i1.221
View
Abstract viewed = 77
Download
downloaded = 0