Pengawasan Inspektorat Dalam Penggunaan Dana Desa Di Kampung Tanjung Kuras Kecamatan Sungai Apit Kabupaten Siak

  • Dwi Herlinda Universitas Lancang Kuning
  • Elly Nielwaty Universitas Lancang Kuning
  • Pebriana Marlinda Universitas Lancang Kuning

Abstract

Penelitian ini tentang Pengawasan Inspektorat Dalam Penggunaan Dana Desa Di Kampung Tanjung Kuras Kecamatan Sungai Apit Kabupaten Siak dan mencari solusi atas kendala yang dihadapi. Permasalah dalam penelitian ini adalah Pengawasan dalam proses perencanaan belum terlaksana dengan baik. Hal ini terbukti terdapat beberapa kegiatan ayng tidak sesuai dengan perencanaan. Hasil dari pengawasan berupa temuan inspektorat hanya berupa teguran dan rekomendasi perbaikan dan pernyataan kepala kampung untuk meelakukan perbaikan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Teknik pengambilan data yang digunakan yaitu observasi dan wawancara secara semi terstruktur.  Berdasarkan hasil analisis penelitian Pengawasan yang dilakukan oelah inspektorat bersifat membina dan mengawasi penggunaan dana desa berdasarkan Peraturan Bupati Siak No. 44 tahun 2018. Pengawasan di lakukan di akhir tahun sehingga dijumpai kelalaian di Kampung Tanjung Kuras. Jika dilakukan secara terjadwal dan berkala maka dapat meminimalisir kelalaian penggunaan dana kampung. Kampung Tanjung Kuras Melakukan Kelalaian administrasi keuangan seperti bukti transaksi yang tidak lengkap dan penggunaan dana tidak sesuai dengan perencanaan yang ada. Dari pengawasan tersebut inspektorat telah melakukan pembinaan dengan memberikan sanksi berupa komotmen untuk menyelesaikan kekurangan administrasi dan merekomendasikan agar Camat Sungai Apit memberi teguran kepada penghulu Kampung Tualang

References

Abdul wahab, Solichin, Analisis Kebijakan Negara, Jakarta: Rineka Cipta, 1990.
Abidin, 2002, Kebijakn Publik, Yayasan Pancur Curah, Jakarta
Anderson, 1979, Transforming Leadership Equipping Your Self Coachching Others to Build the Leadership Organization, Second Edition, St Lucie Press, Boca Raton.
Chandler, 1988, Strategy and Structure, The MIT Press, Chambridge.
Dror, 1968, Public Policy – Making Reexamined, San Fransisco, Chandler Publishing Company.
Dunn, William, 1994, Pengantar Analisis Kebijakan Publik, Edisi Kedua, Terjemahan Samodra Wibawa dkk, Gadjah Mada Universitas Press, Yogyakarta.
Gibson, James, L, 1986, Organization Behavior Stucture and Process, Richard D, Irwin Inc, Homewood, Illinois.
Grindle, 1998, Policy Content and Context in Implementation Princenton, University Press New Jersey.
Meter dan Horn, 1975, The Policy Implementation Process : A Conceptual Framework, Administration and Society 6.
Moleong, Lexy, J, 2003, Metodologi Penelitian Kulaitatif, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Osborne, 1992, Banishing Bureucrasy: The five Strategies For Reinventing Goverment, New York: Addison-Wesley.
Rian, Nugroho, 2009, Public Policy, Formulasi, Implementasi, dan Evaluasi PT. Elex Media K omputindo, Jakarta
Subarsono, 2006, Analisis Kebijakan Publik: Konsep Teori dan Aplikasi, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Suharsimi, Arikunto, 2004, Evaluasi Program Pendidikan , Pedoman Teoritis bagi Praktisi Pendidikan , Bumi Aksara, Jakarta.
Tangkilisan, 2003, Evaluasi Kebijakan Publik, Penjelasan, Analisis & Transformasi Pikiran Nagel, Balairung & Co. Yogyakarta.
Thomas, Dye, 1981, Understanding Public Policy, Englewood Cliffs Practice Hall Inc, Jakarta.
Published
2021-12-31
How to Cite
Dwi Herlinda, Elly Nielwaty, & Pebriana Marlinda. (2021). Pengawasan Inspektorat Dalam Penggunaan Dana Desa Di Kampung Tanjung Kuras Kecamatan Sungai Apit Kabupaten Siak. Jurnal Administrasi Politik Dan Sosial, 2(3), 135-143. https://doi.org/10.46730/japs.v2i3.68
View
Abstract viewed = 306
Download
downloaded = 0