Inovasi Sistem Pelayanan Administrasi Kependudukan Di Masa Pandemi Covid-19 Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Di Kabupaten Siak

  • Irawati Universitas Lancang Kuning
  • Siti Fatimah Universitas Lancang Kuning

Abstract

Penelitian ini tentang bagaimana Inovasi Sistem Pelayanan Administrasi Kependudukan di Masa Pandemi Covid-19 di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Siak. Fenomena yang ditemukan dalam  penelitian ini yaitu masih lemahnya platform whatsapp sebagai inovasi sistem pelayanan administrasi kependudukan di masa pandemi Covid-19. Hal ini dikarenakan perlunya perangkat seperti Smartphone, laptop, komputer dan perangkat digital lainnya yang diperlukan dalam pengiriman berkas. Penelitian bertujuan untuk mengetahui dan  menganalisis bagaimana inovasi sistem pelayanan administrasi kependudukan di masa pandemi Covid-19 serta apa saja kendala inovasi sistem pelayanan administrasi kependudukan di masa pandemi Covid-19 di Dinas Pencatatan Sipil dan Kependudukan kabupaten Siak. Teori yang digunakan teori Rogers yang dikutip oleh Suwarno (2008) Relative advantage (kemanfaatan), Compatibility (kesesuaian), Complexity (kompleksitas), Triability (aplikasi) dan Observability (pengamatan). Penelitian menggunakan Metode Penelitian Kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan Inovasi Sistem Pelayanan Administrasi Kependudukan di Masa Pandemi Covid-19 di Dinas Kependudukan dan Pencatatn Sipil Kabupaten Siak Cukup baik hal ini pemahaman masyarakat terhadap Platform Whatsapp cukup baik serta mudah untuk dipahami dan dan digunakan oleh masyarakat. Gangguan jaringan, tidak memiliki perangkat yang menunjang serta respon pegawai verifikasi yang lambat menjadi kendala aplikasi platform Whatsapp sebagai inovasi sistem pelayanan administrasi kependudukan.

References

Alo Dokter. (2021). Virus Corona-gejala,penyebab, dan pencegahan. Diakses pada 10 Maret 2021, dari https://www.alodokter.com/virus-corona
Anggito Albi & Johan Setiawan. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jawa Barat:Cv. Jejak
Nasution, A.H & Kartajaya, Hermawan. (2018). Inovasi. Yogyakarta: Andi.
Ariyani, Oktavira Puteri. "Inovasi Pelayanan Publik Suroboyo Bis di Kota Surabaya." JPSI (Journal of Public Sector Innovations) 5.1 (2020): 23-30.
Arvianti, Endira & Farida, H.F. “Inovasi Sistem Pelayanan Masyarakat (SemPel Mas) dalam Meningkatkan Pelayanan Administrasi di Kelurahan Jagalan Kecamatan Kranggan Kota Mojokerto”.Publika Vol 8, no 2 (2020)
Djamrut, D.E. "Inovasi Pelayanan Publik di Kecamatan Sungai Kunjang Kota Samarinda." Jurnal Ilmu Pemerintahan 3.3 (2015): 1472-1486.
Hutagalung, S.S. & Hermawan Dedy. 2018. Membangun Inovasi Pemerintah Daerah. Yogyakarta: Budi Utama
Kabupaten Siak. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Siak. Diakses pada 23 Agustus 2021, dari https://siakkab
Kabupaten Siak. Website Kabupaten Siak. Diakses pada 16 Maret 2021, dari https://web.siakkab.go.id/geografi-siak/
Kecamatan Tualang. Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) Kecamatan Tualang. Diakses pada 26 Februari 2021, dari http://paten.siakkab.go.id/tualang/index.php?com=halutama&link=data_informasi
Kemenham. Peraturan Presiden (perpres) Nomor 81 Tahun 2020 Grand Design Reformasi Birokrasi 2010-2025. Diakses pada 27 Februari 2021, dari http://kemenham.go.id
Mindarti, L.I. 2016. Aneka Pendekatan dan Teori Dasar Administrasi Publik. Malang: UB Press.
Maolana, Pirman, et al. "Penerapan Inovasi Pelayanan PubliK GO-DOK Di Kota Tasikmalaya." Ministrate: Jurnal Birokrasi dan Pemerintahan Daerah 2.1 (2020): 22-28.
Mamik. 2015. Metodologi Kualitatif. Zifatama Publisher
Melinda, Mona, and Muhammad Ichsan Kabullah Syamsurizaldi. "Inovasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Online (PADUKO) oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Padang Panjang.” Innovation of Online Population Administrative Services (PADUKO) by The Department of Population and Civil Registration of Padang Panjang City."
Nurmalasari, Intan, Afifuddin Afifuddin, and Agus Zainal Abidin. "Kualitas Inovasi Pelayanan Program Jemput Bola Administrasi Kependudukan (JEBOL ANDUK) (Studi kasus pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malang)." Respon Publik 13.4 (2019): 99-103.
Ombudsman. Peraturan Pelayanan Publik Saat Pandemi Covid-19. Diakses pada 18 Februari 2021, dari https://ombudsman.go.id/artikel/r/artikel--aksesibilitas-pelayanan-publik-saat-pandemi-covid-19
Portal Covid-19 Kabupaten Siak. (2020). Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Kabupaten Siak. Diakses pada 25 Maret 2021, dari https://corona.siakkab.go.id/
Revinda, Erika,dkk. 2020. Teori Administrasi Publik. Yayasan Kita Menulis.
Sapri, dkk. 2020. Pelayanan Publik: Implementasi dan Aktualisasi. Jawa Timur: Qiara Media.
Sellang, Kamaruddin dkk. 2019. Strategi Dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik: Dimensi, Konsep, Indikator dan Implementasinya. Qiara Media.
Setiawan, Hendy. "Inovasi Pelayanan Publik Luka Desi (Keluarga Berduka Desa Siaga) di Sleman DI Yogyakarta." Journal of Governance and Local Politics (JGLP) 3.1 (2021): 1-22.
Setianto, Y.A. dkk. 2008. Panduan Lengkap Mengurus Perijinan dan Dokumen. Jakarta: Niaga Swadaya.
Sisca, dkk. 2021. Manajemen Inovasi. Yayasan Kita Menulis.
Siyoto, sendu. & Sodik Ali. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
Sulila, Ismet. 2015. Implementasi Dimensi Pelayanan Publik Dalam Konteks Otonomi Daerah. Yogyakarta: Deepublish.
Zamharira, Cut, and Indah Rita Cahyani. "Pelangi: Inovasi Pelayanan Akta Kelahiran di Kota Banda Aceh." Al-Ijtima'i: International Journal of Government and Social Science 5.1 (2019): 11-20
Published
2022-04-30
How to Cite
Irawati, & Siti Fatimah. (2022). Inovasi Sistem Pelayanan Administrasi Kependudukan Di Masa Pandemi Covid-19 Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Di Kabupaten Siak. Jurnal Administrasi Politik Dan Sosial, 3(1), 41-54. https://doi.org/10.46730/japs.v3i1.72
View
Abstract viewed = 302
Download
downloaded = 0