Evaluasi Layanan Digital BPJS Kesehatan Di Kantor BPJS Aceh Singkil

Evaluasi Layanan Digital BPJS Kesehatan Di Kantor BPJS Aceh Singkil

Penulis

  • Raida Universitas Teuku Umar
  • Vellayati Hajad Universitas Teuku Umar

DOI:

https://doi.org/10.46730/japs.v4i1.90

Kata Kunci:

Digitalisasi, Efefektivitas, Pelayanan, BPJS Kesehatan

Abstrak

Penelitian ini membahas tentang Evaluasi pelayanan yang berbentuk digital untuk dapat meningkatkan kualitas layanan di Kantor BPJS kesehatan Aceh Singkil. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat perkembangan pelayanan-pelayanan yang diberikan oleh Kantor BPJS Kesehatan kepada peserta melalui layanan pandawa, mobile JKN, Chika (Chat Asisten JKN), dan BPJS kesehatan Care Center165. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Narasumber adalah (1) staf kepersertaan; (2) staf jaminan manfaat; (3) satuan pengamanan/ satpam Kantor BPJS kesehatan Aceh Singkil; (3) peserta JKN.  Hasil dari penelitian menunjukan bahawa layanan pandawa, mobile JKN, Chika (Chat Asisten JKN), dan BPJS kesehatan Care Center165 dimana layanan tersebut dapat digunakan oleh peserta JKN tanpa batas waktu dapat digunakan kapan saja dan di mana saja layanan tersebut dapat lebih efektif dan efesien. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terjadinya peningkatan kualitas layananan yang diterapkan oleh Kantor BPJS kesehatan ada banyaknya terdapat manfaat yang di rasakan oleh peserta JKN ataupun manfaat dari pihak Kantor BPJS tersebut.

Referensi

Andi Nimah Sulfiani. (2021). Good Governance Penerapan Prinsip-Prinsip Good Governance dalam Pelayanan BPJS Kesehatan Di Kota Palopo. Jurnal Administrasi Publik, 17(1), 95–116. https://doi.org/10.52316/jap.v17i1.59
Angelita, M., Lukman, S., & Tahir, I. (2022). Inovasi Dan Efektivitas Pelayanan Melalui Mobile Jkn Pada Bpjs Kesehatan Di Jakarta Selatan. Medium, 9(2), 292–305. https://doi.org/10.25299/medium.2021.vol9(2).10073
Darmawangsa, I., & Sanica, I. G. (2021). Penggunaan Digitalisasi Program Bpjs Untuk Meningkatkan Mutu Pelayanan Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Bali Health Journal, 5(2), 95. http://ejournal.unbi.ac.id/index.php/BHJ/article/view/189
Ilyas, A. (2021). EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Pengaruh Digitalisasi Pelayanan Publik Terhadap Kinerja Pegawai pada Masa Pandemi di Lembaga Pendidikan dan Pelatihan. 3(6), 5231–5239.
Jaman, J., No, V., Aplikasi, P., Jkn, M., Kepuasan, T., Bpjs, P., & Khotimah, N. (2022). Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Layanan, Dan Kualitas Informasi Pada Aplikasi Mobile Jkn Terhadap Kepuasan Peserta Bpjs Kesehatan Di Wilayah Jabodetabek Nurul. 2(2), 69–76.
Jkn, M., Pandawa, D. A. N., & Palembang, D. I. K. (2022). Analisis Penerimaan Layanan Digital Jkn Program Studi Kesehatan Masyarakat ( S1 ) Fakultas Kesehatan Masyarakat.
Nahdiana, Unde, A., Nasir, S., & Amar, Y. (2022). Peningkatan Kepuasan Peserta Terhadap Layanan Informasi BPJS Kesehatan Melalui Media: Pakah Efektif? Juli, 5(2), 2022.
Penyelenggara, H., & Dan, U. (2022). Efektivitas Digitalisasi Pelayanan Himpunan Penyelenggara Umrah Dan Haji (Himpuh) Jakarta Selatan Dalam Meningkatkan Pelayanan Anggota.
Putri, U. A., Diana, D., & Bazarah, J. (2022). Efektivitas Pelayanan Preventif Dan Rehabilitatif Pada BPJS Kesehatan Terhadap Masyarakat. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 10(2), 384. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v10i2.8112
Ryan Aldi Prasetiyo, S. (2022). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Mobile Jkn Dalam Mengurangi Antrian. 7(2).
Sagala, R. B., Hajad, V., Ilmu, S., Negara, A., Umar, U. T., & Barat, K. A. (2022). Inovasi Pelayanan Kesehatan Mobile JKN Subulussalam Di Kantor BPJS. 4(1), 14–23.
Singaraja, D. I. K. (2019). Pengaruh dimensi kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pengguna bpjs kesehatan di kota singaraja. 5(2), 82–92.
Suprapto, S., & Malik, A. A. (2019). Implementasi Kebijakan Diskresi Pada Pelayanan Kesehatan Badan. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 7(1), 1–8. https://doi.org/10.35816/jiskh.v7i1.62
Surakarta, K. H., & Surakarta, K. H. (2022). Efektivitas Mobile Jkn Bagi Masyarakat : Literature. 64–69.
Wulanadary, A., Sudarman, S., & Ikhsan, I. (2019). Inovasi Bpjs Kesehatan Dalam Pemeberian Layanan Kepada Masyarakat: Aplikasi Mobile Jkn Ayu. Jurnal Public Policy, 5(2), 98. https://doi.org/10.35308/jpp.v5i2.1119
Yunaningsih, A., Indah, D., & Eryanto Septiawan, F. (2021). blik Melalui DigitalisUpaya Meningkatkan Kualitas Layanan Puasi. Altasia : Jurnal Pariwisata Indonesia, 3(1), 9–16. https://doi.org/10.37253/altasia.v3i1.4336

File Tambahan

Diterbitkan

2023-05-09

Cara Mengutip

Raida, & Hajad, V. (2023). Evaluasi Layanan Digital BPJS Kesehatan Di Kantor BPJS Aceh Singkil. Jurnal Administrasi Politik Dan Sosial, 4(1), 01–10. https://doi.org/10.46730/japs.v4i1.90

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...