Strategi Strategi Peningkatan Pelayanan Melalui Sistem Informasi Administrasi Di Kelurahan Komering Agung

Strategi Strategi Peningkatan Pelayanan Melalui Sistem Informasi Administrasi Di Kelurahan Komering Agung

Penulis

  • Yuyun Fitriani STISIPOL Dharma Wacana Metro
  • Wiska Rima Jaya STISIPOL Dharma Wacana Metro

DOI:

https://doi.org/10.46730/japs.v4i1.93

Kata Kunci:

Strategi, Pelayanan Publik, Sistem Informasi Administrasi

Abstrak

Penyelenggaraan pelayanan publik harus memperhatikan beberapa aspek, antara lain cepat dalam pelaksanaan, efisien dalam penggunaan sumber daya manusia, efektif dalam pelaksanaan waktu, dan transparan kepada masyarakat. Pelayanan yang baik dan berkualitas memberikan implikasi kepuasan kepada masyarakat, karena masyarakat secara langsung menilai terhadap kinerja pelayanan yang diberikan. Indikator kepuasan masyarakat itulah yang menjadi tolak ukur keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan. Dalam rangka penyelenggaraan pelayanan publik yang lebih efisien dan efektif pemerintah sudah mulai beradaptasi dengan kecanggihan teknologi yakni dengan menggunakan sistem informasi atau aplikasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelayanan administrasi di Kelurahan Komering Agung setelah diberlakukannya pelayanan administrasi kependudukan berbasis website. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan proses pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian yang didapatkan adalah strategi peningkatan pelayanan melalui sistem informasi administrasi di Kelurahan Komering Agung berjalan dengan baik karena masyarakat sebagai penerima layanan merasakan dampak baik pelayanan melalui website dimana pelayanan lebih efisien secara waktu dan biaya.

Referensi

Dzulfiqar, A. F. (2022). Analisis Lingkungan Internal Eksternal Madrasah (Studi Kasus di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Blitar). Journal Of Education and Learning Sciences, 02(01), 85–107. http://jurnal.gerakanedukasi.com/index.php/gerasi/
Gusty, R., Tua, H., & Adianto. (2020). Penerapan Sistem Informasi Sumber Daya Manusia Pada Program E- Kinerja Di Badan Kepegawaian , Pendidikan Dan Pelatihan ( BKPP ) Kabupaten Kuantan Singingi Penerapan Sistem Informasi Sumber Daya Manusia Pada Program E- Kinerja Di Badan Kepegawaian , Pendid. Jurnal Administrasi Politik Dan Sosial, 1(2), 121–140.
Havianto, A. (2013). Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik ( Studi Deskriptif tentang Strategi Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kota Surabaya dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik ). Strategi Dan Pelayanan Publik, 1–7. http://journal.unair.ac.id/download-fullpapers-kmp1068ebefdbfull.pdf
H. Abd. Rahman Rahim dan Enny Radjab. 2017. manajemen Strategi. Lembaga Perpustakaan dan Penerbitan Universitas Muhammadiyah Makasar.
Indriani, T., & Rahmidani, R. (2018). Analisis Strategi Pemasaran Pada Pt Japfa Comfeed Indonesia Tbk, Unit Padang. Jurnal Ecogen, 1(4), 148. https://doi.org/10.24036/jmpe.v1i1.4734
Jalma, H., Putera, R. E., & Kusdarini, K. (2019). E-Government dengan Pemanfaatan Web OpenSID dalam Pelayanan Publik di Nagari Tanjung Haro Sikabu-kabu Padang Panjang. Publik (Jurnal Ilmu Administrasi), 8(1), 24. https://doi.org/10.31314/pjia.8.1.24-37.2019
Manalu, Vigory Gloriman., Fauziyah Adzimatinur, dan F. R. (2022). the Role of Environtmental Scanning Mediation on. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi Bisnis Dan Kewirausahaan, 7(2), 109–119.
Nurjannah, L., & Syamsir. (2022). Pengaruh Integritas dan Disiplin Kerja Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Publik di Dinas Dukcapil Kabupaten Lima Puluh Kota. Jurnal Administrasi Politik Dan Sosial, 3(1), 63–73. https://doi.org/10.46730/japs.v3i1.49
Ramli, M. (2017). Kepemimpinan Inovatif Dalam Implementasi Kebijakan Strategis Pemerintah Kota Makassar. JPP (Jurnal Politik Profetik), 5(2), 168–184. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/jpp/article/view/4343
Renaldi, D. F. (2022). Strategi Peningkatan Pelayanan Administrasi…. Publika, 10(2), 499–514.
Ruslihardy. (2020). Implementasi Sistem Informasi Kesehatan Daerah Generik di Puskesmas Rawat Inap Langgam. Jurnal Administrasi Politik Dan Sosial, 1(2), 99–109. https://doi.org/10.46730/japs.v1i2.9
Soraya, T. (2019). Inovasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Secara Online di Kabupaten Pati. Astuti, Puji, 1–10. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jpgs/article/viewFile/25018/22273

File Tambahan

Diterbitkan

2023-06-14

Cara Mengutip

Fitriani, Y., & Jaya, W. R. (2023). Strategi Strategi Peningkatan Pelayanan Melalui Sistem Informasi Administrasi Di Kelurahan Komering Agung. Jurnal Administrasi Politik Dan Sosial, 4(1), 36–42. https://doi.org/10.46730/japs.v4i1.93

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Loading...