Kinerja Ombudsman Perwakilan Riau Dalam Penanganan Keluhan Pelayanan Publik Di Bidang Pendidikan Di Kota Pekanbaru

Kinerja Ombudsman Perwakilan Riau Dalam Penanganan Keluhan Pelayanan Publik Di Bidang Pendidikan Di Kota Pekanbaru

Penulis

  • Wella Mastri Aidhila Universitas Riau
  • Dadang Mashur

DOI:

https://doi.org/10.46730/japs.v3i2.79

Kata Kunci:

Kinerja organisasi, Kinerja Ombudsman Perwakilan Riau

Abstrak

Dengan Masih terjadinya Maladministrasi di bidang Pendidikan di Kota Pekanbaru, Ombudsman Perwakilan Riau berwenang untuk mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik yg terdapat di instansi pendidikan di Kota Pekanbaru. Pendidikan yang berkualitas merupakan tujuan yang sejalan dengan UU No. 20 Tahun 2003 bahwa sistem pendidikan nasional harus mampu menjamin pemerataan kesempatan pendidikan, peningkatan mutu serta relevansi dan efisiensi manajemen pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kinerja Ombudsman Perwakila Riau pada penanganan keluhan pelayanan publik di bidang pendidikan serta apa saja yang menjadi faktor penghambat kinerja Ombudsman Perwakilan Riau. Konsep teori yg digunakan pada penelitian ialah indikator pengukuran kinerja dari Agus Dwiyanto (2006). Metode penelitian yang dipergunakan merupakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif melalui kegiatan wawancara, observasi, serta dokumentasi. Hasil penelitian adalah kinerja Ombudsman Perwakilan Riau sudah cukup bagus. Adapun yg menjadi faktor penghambat kinerja Ombudsman Perwakilan Riau adalah kurangnya sumber daya manusia, kurangnya sumber daya anggaran, dan kurangnya sarana dan prasarana.

Referensi

Andra, P., Sapitri, S., & Saputra, H. E. 2021. Ombudsman Performance Representative

Of Bengkulu Province Kinerja Ombudsman Perwakilan Provinsi Bengkulu.

(1), 27–30.

Anggito, A., & Setiawan, J. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jawa Barat: CV

Jejak.

Dwiyanto, A. 2006. Mewujudkan Good Goernance Melalui Pelayanan Publik.

Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Hariani, D., & Irson Sitorus, T. Y. N. 2019. Analisis Kinerja Ombudsman Republik

Indonesia Perwakilan Jawa Tengah Dalam Rangka Penanganan Laporan

Masyarakat. Jurnal Ilmu Administrasi Negara ASIAN (Asosiasi Ilmuwan

Administrasi Negara), 7(1), 32–46.

https://doi.org/10.47828/jianaasian.v7i01.34

Iriawan, H., Publik, A., & Biak, I. Y. 2019. Reformasi Birokrasi Dalam Pelayanan

Publik (Studi Kasus Uptb Samsat Kabupaten Biak Numfor ). 5, 128–141.

Irmandani, D. 2018. Mal-Administrasi Dalam Pelayanan Surat Izin Usaha

Perdagangan (SIUP) Di Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu

Satu Pintu Kabupaten Sidoarjo. Kebijakan Dan Manajemen Publik, 6(3), 6.

Julaeha, S., Muhafidin, D., & Miradhia, D. 2021. Kinerja Ombudsman Republik

Indonesia Perwakilan Provinsi Jawa Barat Dalam Penanganan Dugaan

Maladministrasi di Jawa Barat Tahun 2017-2018. Agustus, 13(1), 12.

Mayasari, R. 2021. Indikator Kinerja Pemerintah Daerah Dan Model Penilaiannya.

Yogyakarta: Deepublish.

Nurjannah, & Saleh, R. 2019. Kinerja Ombudsman RI Perwakilan Aceh dalam Menjaga

Mutu Pelayanan Publik. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FISIP UNSYIAH, 4(1), 1–

Ridwan, M., & Mus’id, M. 2019. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja

Organisasi Sektor Publik (Studi Empiris Pada Dinas-Dinas Di Kota Jambi).

Jurnal Riset Akuntansi Terpadu, 12(2), 222.

https://doi.org/10.35448/jrat.v12i2.6164

Suleman, S. 2018. Kinerja Ombudsman Perwakilan Maluku Utara dalam Mewujudkan

Pelayanan Publik yang Prima Di Kota Ternate. Aristo, 6(2), 262.

https://doi.org/10.24269/ars.v6i2.1023

Suryani, N. K., & John. 2018. Kinerja Organisasi. Yogyakarta: Deepublish.

Wardhana, A., Sari, A. P., & Limgiani. 2022. Manajemen Kinerja (Konsep, Teori, dan

Penerapannya). Bandung: Media Sains Indonesia.

File Tambahan

Diterbitkan

2022-08-01

Cara Mengutip

Wella Mastri Aidhila, & Dadang Mashur. (2022). Kinerja Ombudsman Perwakilan Riau Dalam Penanganan Keluhan Pelayanan Publik Di Bidang Pendidikan Di Kota Pekanbaru. Jurnal Administrasi Politik Dan Sosial, 3(2), 103–111. https://doi.org/10.46730/japs.v3i2.79
Loading...