Kajian Publik Terhadap Pelayanan Pembuatan KTP Elektronik Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Mojokerto
DOI:
https://doi.org/10.46730/japs.v3i3.86Kata Kunci:
kualitas, pelayanan, kinerjaAbstrak
Database kependudukan nasional yang memiliki sistem pengamanan atau pengendalian baik dari segi administrasi maupun teknologi informasi menjadi dasar dari dokumen yang dikenal dengan E-KTP atau Elektronik KTP. Ini berfungsi untuk mengidentifikasi warga negara Indonesia menggunakan kartu identitas ini. Pada Februari 2011, Kementerian Dalam Negeri Indonesia memperkenalkan program KTP Elektronik atau E-KTP. Dengan E-KTP, semua sistem keamanan administrasi berbasis database disertakan dalam inisiatif pemerintah untuk pendataan ini. KTP diharapkan memiliki akses NIK yang digunakan untuk urusan administrasi kependudukan sehari-hari. E-KTP digunakan untuk mengidentifikasi penduduk Indonesia. Masalah E-KTP di Indonesia adalah masalah yang signifikan dan rumit, dan banyak strategi atau taktik telah digunakan oleh pemerintah untuk mengatasinya sejauh ini. Pemerintah Indonesia menggunakan peran dalam penerapan E-KTP sebagai salah satu metode atau strategi untuk menarik perhatian masyarakat. Studi ini bertujuan untuk memberikan layanan yang lebih individual dan berkualitas tinggi kepada setiap penduduk sekaligus memfasilitasi administrasi yang efisien. Penduduk Kabupaten Mojokerto yang terbelakang juga menjadi sasaran inisiatif ini, yang juga berupaya untuk mempromosikan data yang akurat, meningkatkan kualitas, dan mengefisienkan layanan. Selain pilihan, peningkatan SDM (Sumber Daya Manusia) atau kapasitas pekerja untuk memasok berbagai sumber daya terkait manajemen layanan yang dapat diakses melalui pelatihan terstruktur di berbagai tingkatan adalah cara lain untuk meningkatkan kualitas layanan. Layanan E-KTP Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Mojokerto telah mendapatkan masukan dari masyarakat sebagai bagian dari pendekatan studi kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi masyarakat terhadap pelayanan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Mojokerto dalam pembuatan E-KTP dapat dilihat dari kemudahan proses pelayanan, dan pelayanan tersebut masih perlu ditingkatkan.
Referensi
Tiaji, F. (2019). Kualitas Pelayanan Pembuatan KTP Elektronik oleh Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk di Kantor Kecamatan Sindangkasih Kabupaten Ciamis. Dinamika: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 11–116. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/dinamika/article/download/2281/2033
Haq, S., Suharsono, A., & Suji. (2014). Kualitas Pelayanan Pubik Dalam Pembuatan e-KTP Pada Kecamatan Suboh Kabupaten Situbondo Public Service Quality in Making E-KTP ( Electronic Citizen ID ) in District of Suboh Situbondo Regency. Artikel Ilmiah Hasil Penelitian Mahasiswa, 1, 1–8.
Nurjihan. (2016). Kepuasan Masyarakat dalam Pelayanan Pembuatan e-KTP pada Kantor Kecamatan Samarinda Kota di Kota Samarinda. Ilmu Pemerintahan, 4(1), 294–305.
Oni. (2022). pro kontra penerapan E-ktp digital rentan pemalsuan juga berpotensi jadi ladang korupsi. Harianterbit.Com. https://www.harianterbit.com/nasional/amp/pr-2742655634/pro-kontra-penerapan-ektp-digital-rentan-pemalsuan-juga-berpotensi-jadi-ladang-korupsi
Pangesti, R. A. (2022). Pemkab Berau Prioritaskan Perekaman e-KTP Bagi Pelajar di Berau. Tribunkaltim.Co. https://kaltim.tribunnews.com/2022/12/11/pemkab-berau-prioritaskan-perekaman-e-ktp-bagi-pelajar-di-berau
Perdana, A., Suprojo, A., & Saleh, A. B. (2013). Efektivitas Pelayanan Program E-Ktp Pada Masyarakat. JISIP: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 2(2), 1–3.
Rosa, M. C. (2022). Apa tujuan dibuatnya E-ktp digital? ini penjelasannya. Kompas.Com. https://amp.kompas.com/wiken/read/2022/01/09/160500981/apa-tujuan-dibuatnya-e-ktp-digital-ini-penjelasannya
Sukur Suleman. (2019). Kualitas pelayanan e-ktp di dinas kependudukan dan catatan sipil kabupaten halmahera selatan. Administrasi Publik, 5(1), 1–13
Yayat Rahmat Hidayat, Perguruan, P., & Tinggi, T. (1967). Nalisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Masyarakat. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 4(March), 763–773.