Efektivitas Program Pelayanan Pembayaran Pajak Berbasis Digital E-Samsat Melalui Aplikasi Signal

Efektivitas Program Pelayanan Pembayaran Pajak Berbasis Digital E-Samsat Melalui Aplikasi Signal

Penulis

  • Delvi Angriani Universitas Islam Riau
  • Khairul Rahman Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.46730/japs.v6i2.254

Kata Kunci:

Efektivitas, Pembayaran Pajak, Aplikasi Signal

Abstrak

Dalam penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas program pelayanan pembayaran pajak berbasis digital e-samsat melalui aplikasi signal.Dalam penelitian ini menggunakan teori efektivitas menurut Edi Sutrisno yang dimana terdapat empat indikator yaitu pemahaman program, tepat sasaran, tujuan program, dan tepat waktu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif serta dalam pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dengan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan dari analisis dari empat indikator yang sudah peneliti lakukan dapat ditarik kesimpulan yaitu bahwa dalam program pelayanan pembayaran pajak berbasis digital e-samsat melalui aplikasi signal ini belum efektif.

Referensi

Creswell, J. (2020). Pengantar Penelitian Mixed Methods. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fitriani, Y., & Jaya, W. R. (2023). Strategi strategi peningkatan pelayanan melalui sistem informasi administrasi di kelurahan komering agung. Jurnal Administrasi Politik Dan Sosial, 4(1), 36–42.

Hartanti, H., Alviani, R. K., & Ratiyah, R. (2020). Pengaruh Samsat Keliling, Samsat Drive-Thru, E-Samsat Terhadap Penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor Pada Kantor Samsat Jakarta Timur. Jurnal Online Insan Akuntan, 5(1), 125–136.

Khairul, R. (2022). Ilmu Pemerintahan & Tinjauan dari Landasan Berfikir Filsafat Ilmu ontologi,epistimology,dan aksiologi. Pekanbaru: Marpoyan Tujuh.

Nadya Fina, H. (2023). Efektivitas Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Berbasis Digital Melalui Aplikasi E-Samsat (Studi Kasus di Kantor Samsat Rajabasa Bandar Lampung).

Sugiono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif,dan R&D). Bandung: CV ALfabeta.

Sulistiyo, N. V., Marta, A., & Wahyudi, H. (n.d.). Implementasi Inovasi Pelayanan Publik Pada Pelayanan HT-EL Di Kantor Pertanahan Kota Pekanbaru. Jurnal Administrasi Politik Dan Sosial, 5(3), 358–372.

Wijaya, M., Isa, Setyawati, & Ramadhan. (2024). Ilmu Pemerintahan Inovasi Dalam Tata Kelola Pemeritahan. Medan: Media Penerbit Indonesia.

File Tambahan

Diterbitkan

2025-08-02

Cara Mengutip

Angriani, D., & Rahman, K. (2025). Efektivitas Program Pelayanan Pembayaran Pajak Berbasis Digital E-Samsat Melalui Aplikasi Signal. Jurnal Administrasi Politik Dan Sosial, 6(2), 284–293. https://doi.org/10.46730/japs.v6i2.254
Loading...